DIET ALAMI DAN SEHAT DENGAN JENGKOL

 Who doesn’t want to look beautiful? Setiap wanita ingin tampil cantik dan ideal. Salah satu masalah penampilan yang umumnya dialami wanita adalah kegemukan. Menurut penelitian, peluang obesitas pada wanita lebih tinggi 10% dibanding pada pria. Demi mencapai berat badan ideal, tak jarang wanita melakukan segala cara, bahkan dengan cara yang tidak sehat seperti mengonsumsi berbagai obat, hingga ‘menyiksa’ diri sendiri dengan tidak makan.

Tapi tahukah anda kalau Jengkol yang selama ini kita anggap sebagai makanan yang memberikan aroma yang kurang sedap ternyata bisa menurunkan berat badan dalam waktu singkat? Ternyata Jengkol mengandung zat yang sangat bagus untuk menjalani diet alami, nukleotida purin. Para peneliti menulis dalam jurnal Arthritis Research and Therapy, 18 maret 2010 mengatakan bahwa temuan ini sejalan dengan temuan sebelumnya yang hasilnya regimen diet vegetarian pada penderita artritis yang menunjukkan penurunan tekanan darah, penurunan indeks massa tubuh dan penurunan insiden kardiovaskular.

Dalam studi ini, Johan Frostegard dan koleganya memberikan makanan yang terbuat dari jengkol  kepada 38 sukarelawan dan 28 orang lain diberikan makanan diet seimbang yang mengandung  zat nukleotida purin setara dengan nukleotida purin dalam jengkol selama satu bulan.

Para peneliti mengatakan dalam laporannya, bukti menunjukkan bahwa nukleotida purin dapat terlibat dalam aktivasi sistem imun yang salah. Para sukarelawan dengan diet menggunakan jengkol mempunyai kadar C reactive protein (CRP) lebih rendah, yang merupakan indikator kadar inflamasi dalam tubuh dari pada dengan para sukarelawan yang yang mengkonsumsi makanan yang mengandung nukleotida purin setara dengan jumlah dalam jengkol.

Selain sebagai makanan diet, Jengkol diketahui dapat mencegah diabetes dan bersifat diuretik dan baik untuk kesehatan jantung. Jengkol ini ada khasiat diuretik yaitu memperbanyak buang air sehingga ada gunanya bagi penderita jantung

Posted on Mei 14, 2011, in Tips and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: